pengertian dan fungsi resistor

    Fungsi Resistor yang biasanya di ketahui yakni cuma satu saja menghambat, tapi sebenarnya tidak cuma satu itu saja fungsinya karena masih ada fungsi lainnya.
   Apa saja sih fungsi lain dari resistor ini, contohnya adalah yang pertama komponen ini bisa di gunakan untuk membagi arus, yang kedua di pakai untuk menurunkan tegangan yang ke tiga membatasi arus. 
   Tapi itu adalah baru fungsi resistor yang belum  mengerti pengertian resistor  bisa di baca pengertiannya di bawah ini
pengertian resistor adalah komponen elektronik yang didesain memiliki dua kutup dan tidak memiliki polaritas jadi pemesangannya boleh terbalik agar nantinya dapat di pergunakan untuk menghambat arus listrik,
    Apabila di aliri tegangan listrik antara kedua kutub tersebut.resistor  biasanya banyak digunakan sebagai bagian dari sirkuit elektronik. Tidak hanya itu, komponen yang satu ini juga yang paling sering digunakan di antara
komponen lainnya. 
    Resistor adalah
salah satu komponen yang terbuat dari bahan isolator yang
didalamnya mengandung nilai tertentu sesuai dengan
nilai hambatan yang diinginkan. Berdasarkan hukum Ohm, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding terbalik dengan arus yang mengaliragar lebih memudahkan mengecek resistor pakailah multi meter.
    Bentuk  resistor  saat ini ada bermacambentuk. Yang paling umum dan sering di temukan di pasaran adalah berbentuk bulat panjang dan terdapat beberapa lingkaran warna pada body resistor, fungsi gelang warna pada resistor adalah sebagai kode untuk menentukan berapa nilai hambatan (ohm) pada resistor tersebut.dan ada juga yang berbentuk kotak berwarna putih yang biasa di sebut dengan R kapur.
   Bberbeda dengan resistor yang lain R kapur ini tidak memakai gelang warna untuk menandai nilai ohm,tapi dengan menuliskan secara langsung pada body resistor tersebut.ada juga resistor yang nilainya dapat di ubah-ubah namanya adalah resistor fariabel atau biasa di sebut dengan potensio, potensio ini ada yang jenis mono dan ada yang berjenis stereo.
   Ada 4 lingkaran warna dan juga ada yang 5 lingkaran yang ada pada body resistor. Lingkaran warna tersebut berfungsi untuk menunjukan nilai hambatan dari resistor.kode warna resistor nantinya akan kami jelaskan pada postingan selanjutnya.
    Karakteristik utama resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Sementara itu, karakteristik lainnya ialah koefisien suhu, derau listrik (noise) dan induktansi. Resistor juga dapat kita integrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit, bahkan bisa juga menggunakan sirkuit terpadu.
   Ukuran dan letak kaki resistor tergantung pada desain sirkuit itu sendiri, daya resistor yang dihasilkan juga harus sesuai dengan kebutuhan agar rangkaian tidak terbakar.Demikian penjelasan singkat mengenai resistor semoga pembahasan artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »