pengertian dan fungsi ic


Pandangan umum ic adalah beberapa komponen yang di jadikan satu salam satu rangkaian dan memiliki fungsi tertentu, bentuk IC juga bermacam-macam ada yang menggunakan satu baris kaki ada juga dua baris kaki, penempatannya pun berbeda ada yang menempel di pcb ada juga yang menempel di pendingin,kalo yang menempel di pendingin adalah IC yang biasanga memiliki hambatan yang tinggi jadi harus menggunakan pebdingin agar bisa mengurangi panas yang berlebih. dengan kata lain bahwa suatu ic bisa terdapat banyak transistor di dalamnya yang saling berhubungan untuk menjadi suatu rangkaian tertentu.dengan adanya ic komponen yang banyak bisa menjadi lebih ringkas,bahkan sekarang ada yang bebeapa ic tapi di jadikan satu ic seperti ic croma pada
tv tabung.
Contoh gambar ic
Fungsi ic
memiliki kegunaan tersendiri, untuk membedakan ic satu dengan ic yang lainnya biasanya terdapat kode yang tertulis di atas ic, agar tidak tertukar dengan ic yang lainnya contoh kode ic TDA 3653, TDA 8360,TDA 8361.itu adalah ic yang di gunakan pada ic croma televisi.
 ICsekarang telah di pakai secara luas di segala  bidang, contohnya adalah dibidang industri Dirgantara, dimana rangkaian kontrol elektroniknya akan semakin ringkas dan kecil sehingga bisa mengurangi berat Satelit, Misil dan jenis-jenis pesawat ruang angkasa lainnya. Desain komputer yang sangat kompleks dapat dipermudah, sehingga banyaknya komponen dapat dikurangi dan ukuran motherboardnya dapat diperkecil. Contoh lain misalnya IC digunakan di dalam mesin penghitung elektronik(kalkulator), juga telepon seluler(ponsel) yang bentuknya relatif kecil.
Di zaman canggih saat ini, peralatan elektronik dituntut supaya memiliki ukuran dan beratnya seringan dan sekecil mungkin, agar hal itu dapat dimungkinkan dengan penggunaannya IC.
Selain ukuran dan berat IC yang kecil dan ringan, IC juga memberikan keuntungan lain yaitu bila dibandingkan dengan sirkit-sirkit keonvensional yang banyak menggunakan komponen, IC dengan sirkit yang relatif kecil hanya mengkonsumsi sedikit sumber tenaga dan tidak menimbulkan panas berlebih sehingga tidak membutuhkan pendinginan (cooling system).walaupun ic memiliki banyak keungguan di bandingkan yang lain  bukan berarti ic tidak memiliki kelemahan, ic juga punya kelemahan contohnya jika ic mengalami panas yang berlrbih dan tegangan yang tidak sesuai akan mudah rusak. Bila ic terlalu panas atau terkena konsleting arus listrik bisa di pastikan ic tersebut tidak bisa berkerja secara maksimal. demikian pengertian secara singkat tentang ic semoga dapat membantu

Artikel Terkait

Previous
Next Post »