pengertian dan fungsi kondensator


Kondensator atau biasa di sebut dengan kapasitor adalah suatu alat yang bisa menyimpan energi di dalam medan listrik dan dapat di fungsikan untuk menstabilkan aliran listrik dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Satuan kondensator biasa di sebut dengan farad dari nama michael faraday Kondensator juga dikenal sebagai
"kapasitor", tapi kata "kondensator" masih dipakai sampai saat ini . Pertama disebut oleh alsendro volta seorang ilmuwan pada tahun 1782 (dari bahasa Itali condensatore), berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding komponen lainnya. Kebanyakan bahasa dan negara yang tidak menggunakan bahasa inggrismasih mengacu pada perkataan bahasa Italia "condensatore"
Contoh capasitor
  • kondensator memiliki dua kaki yakni kaki positif dan kaki negatif dan di dalam kondensator terdapat cairan yang bernama elektrolit
  • Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah, hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju.
Namun kebiasaan dan kondisi serta bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang paling dominan digunakan atau lebih sering didengar. Pada masa kini, kondensator sering disebut kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (C).kapasitor jika rusak juga dapat di lihat di bagian atas jika bagian atas sudah tidak rata atau mengglembung bisa di pastikan kondensator tersebut sudah tidak dapat bekerja dengan maksimal.atau jika ingin lebih teliti bisa menggunakan alat ukur multi tester atau esr meter.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »