pengertian dan fungsi dioda

Dioda merupakan komponen yang memiliki dua terminal dan terbuat dari 2 jenis semi konduktor (jenis n & jenis p).komponen ini memiliki karakteristik bisa di aliri arus secara mudah untuk satu arah namun sebaliknya sangat sukar untuk di aliri arus dari dua arah.dioda memang di desain untuk di gunakan dalam arus satu arah.dioda memiliki dua sisi yakni
sisi positif dan sisi negatif untuk mengecek pakailah multimeter pemasangan juga tidak boleh terbalik karena sudah memiliki polaritas jika terbalik dioda tidak akan bisa bekerja secara normal yang ada gambar cincin putih itu adalah polaritas (+), jika tegangan di kaki positif lebih tinggi di kaki negatif maka
arus akan

mengalir melalui dioda (resistensi yang rendah). Begitupun sebaliknya.dioda juga banyak bentuknya ada yang seperti gambar di atas itu adalah dioda yang biasa di gunakan, ada juga dioda zener dan juga dioda kiprok (dioda kotak) khusus dioda kiprok ini adalah dioda yang memiliki amper besar biasanya digunakan untuk rangkaian power ampli dengan wat besar.
dioda kiprok
Dioda zener

FUNGSI DIODA:
1.untuk dioda penyearah, merubah arus ac menjadi dc. Dioda penyearah biasanya berbentuk kotak biasa di sebut dengan dioda sisir, atau bisa menggunakan empat buah  dioda biasa yang di gabungkan menjadi satu.
2. untuk dumper di bagian horisontal( blok bagian mesin tv).pada bagian ini biasanya terdapat pada blok regulator tv dan pemasangan dioda di pasang sejajar yang berjmah empat buah.
3.untuk menstabilkan tegangan.
JENIS-JENIS DIODA;
1.Dioda zener. Dioda ini bentuk fisiknya hampir sama sperti dioda biasa hanya saja berwarna oranye dan terbuat dari kaca.
2.Photo dioda
3.LED. dioda ini dapat menghasilkan cahaya jika di aliri arus listrik, dioda semacam ini memiliki berbagai warna,ada yang satu warna ataupun dua warna.
4.Dioda penyearah.dioda ini fungsinya merubah arus listrik dari arus ac menjadi arus dc. Dioda ini biasanya di pakai pada power suplay.
Itu tadi adalah contoh macam macam dioda, dioda jika rusak memiliki ciri-ciri hangus,bocor/short,pecah,kaki patah.cara tersebut adalah cara mengamati bentuk dioda dari fisik jika fisik dioda ada salah satu contoh di atas berarti bisa di pastikan dioda tersebut short atau rusak. Jika mau lebih detail harus menggunakan alat, saya sendiri biasa memakai alat multitester

Artikel Terkait

Previous
Next Post »