cara memperbaiki ac yang tidak dingin



Cara memperbaiki ac yang tidak dingin. Kali ini saya akan berbagi tips menangani kerusakan ac yang tidak dingin,ada banyak penyebab jika ac tudak bisa mengeluarkan udara dingin ataun hanya seperti kipas angin yang hanya bisa mengeluarkan udara biasa.berikut adalah tata cara perbaikan ac.

pengaturan remote ac yang tidak sesuai.
   Coba anda periksa (mode) pada remot apakah sudah sesuai atau belum. Untuk mengatur agar keluar embusan udara sejuk atau dingin, setingan harus berada pada mode [COOL] atau [AUTO]. Pengaturan AC pada mode [FAN] tidak akan mengembuskan udara dingin, tetapi blower saja yang bekerja.

Kompresor tidak/belum  Bekerja.
  Biasanya pada kasus ini yang berputar hanyalah kipas outdornya saja tetapi kompresornya tidak bekerja. Ada dua cara untuk mengetahui apakah kompresor bekerja atau tidak, yaitu mengecek arus listrik  yang melewati kompresor dan tekanan refrigeran didalam pipa. Untuk mengecek arus yang melewati kompresor, gunakan tang ampere, lalu jepit salah satu kabel yang masuk ke kompresor  ( bisa positif atau negatif). Selanjutnya, sesuaikan hasil pengukuran dengan arus listrik standar pada unit AC.
Setelah anda mengetahui kompresor tidak bekerja, lakukan langkah berikut untuk mengatasinya.
  • cek tegangan listrik (PLN) dapat menggunakan tang a mpere. Jika tegangan listrik (volt-age) sangat rendah, segera lapor ke petugas PLN agar dilakukan perbaikan.
  • cek kapasitor kompresor, masih baik atau sudah rusak. Jika rusak, ganti dengan kapasitor baru yang seukuran.untuk pengecekan kapasitor bisa menggunakan multimeter
  • cek bagian external overload motor protector, masih berfungsi atau tidak. Jika rusak, ganti dengan komponen yang sesuai.
  • cek kelistrikan mulai dari kabel dan soket pada bagian outdoor, apakah ada bagian kabel atau soket yang rusak. Jika ada yang rusak segera ganti.
  • Cek  putaran kipas outdoor, jika putarannya  lemah, berarti kapasitor kipas lemah. Segera ganti kapasitor.
  • cek putaran kipas menggunakan  tangan, macet atau lancar. Jika macet, berarti bearing kipas outdoor  ‘seret’. Segera ganti bearing kipas. Jika tidak segera diatasi, kompresor akan cepat panas karena tidak mendapatkan pendinginan yang maksimal sehingga overload akan memutuskan arus ke kompresor..
  • Jika kondisi diatas normal. Terakhir, periksa kondisi kompresor. Jika rusak, segera ganti kompresor.

Kompresor bekerja,tapi kipas outdoor tidak berputar.
Untuk mengatasinya, lakukan langkah berikut.
  • cek bearing motor kipas, berputar lancar atau tidak. Anda bisa mengeceknya dengan cara matikan AC kemudian cabut stop kontak yang dari pln. buka pelindung outdoor.lalu coba putar daun kipas dengan menggunakan tangan jika macet atau ada suara ciiiit, segera ganti bearing.
  • Cek kapasitor kipas outdor jika kondisi sudah jelek segera ganti dengan ukuran yang sama dengan yang sebelumnya
  • Apabila kedua cara di atas sudah di lakukan tetapi masih tidak normal, berati harus membuka gulungan kipas outdor kemungkinan lilitan terbakar atau putus jika iya lebih baik bawa ke tukang dinamo karena menggulung dinamo ada rumus tersendiri yang cukup rumit
Kebocoran sistem yang mengakibatkan refrigeran habis terbuang.
            Cek bagian napple pipa masuk dan keluar apakah terdapat embun atau tidak. Sentuh bagian napple ( pipa masuk atau keuar) mengnakan tangan, terasa dingin, atau tidak. Jika terasa dingin, berarti mengindikasikan adanya refrigeran yang keluar dari sistem . jika pada napple pipa masuk dan keluar tidak terasa dingin, sedangkan kompresor dan fan tetap bekerja, berarti ada kebocoran. Periksa seleruh bagian pipa dibagian outdoor atau  indoor. Segera perbaiki kebocoran sistem dengan cara pengelasan.
AC beroperasi Normal, tetapi Kurang Dingin.
            Kasus seperti ini sering disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.
Tekanan Refrigeran yang berkurang.
Untuk mengeceknya, lakukan langkah berikut.
  • Periksa arus listrik dan tekanan refrigeran dengan menggunakan tang ampere, apakah arus listrik pada kompresor dan tekanan refrigeran sistem sesuai dengan standar yang ditentukan atau tidak. Biasanya, arus listrik standar bisa dilihat pada bagian name plat unit AC.
  • Atau, lakukan langkah pengecekan tekanan sistem menggunakan charging manifold, apakah tekanannya telah sesuai atau tidak.

Embun udara blower indoor lemah.
Untuk mengatasinya, periksa putaran blower indoor. Embusan blower indoor harus memenuhi dua persyaratan.
  • Embusan harus merata diseluruh permukaannya. Jika tidak, periksa blower indoor, apakah ada bagian yang patah atau tidak. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh sirip-sirip evaporator yang kotor sehingga sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Lakukan pemeriksaan, terutama pada bagian blower indoor yang embusan udaranya tidak terlalu kencang. Jika sirip-sirip evaporator rusak, segera diganti dengan sirip-sirip evaporator yang baru atau bersihkan dengan menggunakan pompa steam jika kondisi sirip-sirip sangat kotor. Untuk menyakinkan sirip-sirip evaporator suah benar-benar bersih atau belum, gunakan lampu senter untuk menerangi bagian tersebut  agar terlihat dengan jelas.
  • Embusan udara blower cukup kencang. Jika tidak, bersihkan blower indoor dengan menggunakan pompa steam. Atau, cek kondisi motor blower indoor dan kapasitor, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Jika keduanya rusak, ganti komponen tersebut dengan spesifikasi yang sama.

Kompresi kompresor melemah.
Cara mengetahui apakah kompresor rusak atau tidak bisa dengan cara mengamatinya apakah suaranya berisik atau tidak jika berisik ada kemungkinan kompresor rusak.
Kondisi filter refrigeran (strainer), pipa kapiler, saluran evaporator, dan kondensor yang tersumbat.

 Tersumbatnya saliran yang di akibatkan kotoran debu dan serpihan ogam yang berkarat oleh aliran refrigeran. Cara untuk mengetahui saluran tersumbat atau tidak bisa di cek di bagian strainer. Peganglah dengan tangan apakah dingin atau tidak jika dingin bahkan berembun bisa di pastikan rusak. Jika strainer rusak solusinya adalah di ganti dengan yang baru
 Demikianlah cara-cara untuk memperbaiki ac, semoga artikel kali ini dapat membantu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »